Pengikut

Sabtu, 18 Desember 2010

Minuman ringan dibalik Kenikmatannya ada bahaya

Siapa saja,kapan saja, dan dimana saja. kata-kata tersebut pernah jadi iklan sebuah perusahaan minuman ringan. Bukan omong kosong, "Pejajahan" minuman ringan memang terjadi diseluruh pelosok dunia,termasuk indonesia. Dampak negatifnya pun muncul.

Minuman ringan diartikan sebagai minuman berkarbonasi. Karbonasi merupakan proses penginjeksian gas-gas CO2 (karbon dioksida) ke dalam minuman sehinggah memiliki penampakan bergelembung-gelembung yang memberi kesan segar dan rasanya menggigit di lidah.

Dalam bahasa sehari-hari,minuman ringan sering disebut sebagai minuman soda. kemasan minuman biasanya kaleng,botol,gelas maupun botol polietilen. pemilihan kemasan didasarkan pada kemampuan dalam mencegah pelepasan CO2.

Beberapa penelitian menunjukkan,minuman ringan merupakan biang keladi dari batu ginjal,obesitas,osteoporosis,kerusakan gigi,penyakit jantung,dan berbagai penyakit lainnya. penyakit batu ginjal merupakan penyakit yang paling umum terjadi dalam saluran kemih dan merupakan salahsatu dari kelompok penyakit dengan rasa nyeri terbesar.
Mekanisme kemunculan batu ginjal sejalan dengan mekanisme osteoporosis.

3 komentar: