Pengikut

Jumat, 10 Desember 2010

Potensi Tempe sebagai Makanan Kesehatan

Tempe merupakan makanan hasilbioteknologi sederhana khas indonesia. Makanan ini telah di kenal di indonesia lebih dari 1000 tahun. sebagai makanan khas,banyak menarik perhatian ilmuan. Hasil penelitian menujukkan bahwa tempe mengandung vitamin B12. bahkan kandungan vitsmin B12 ini lebih tinggi daripada yang dimiliki daging. tempe pun mengandung protein.
dari 100 gram tempe terkandung 18,3 gram-21 gram protein. kandungan protein ini lebih tinggi daripada daging sapi (18.8 gram), daging kerbau (18.7 gram), dan daging domba (17,1 gram). Dengan demikian,kadar protein tempe tidak kalah dibandingkan daging. oleh karena itu,tempe merupakan daging yang baik.
kandungan tempe lainnya adalah adanya kalsium dan karbohidrat. untuk setiap 100 gram tempe terkandung 129 mg kalsium dan 12,7 gram karbohidrat. kandungan kedua zat ini lebih banyak daripada sapi,kerbau,ayam dan domba.
sebagai pencegah hipertensi tempe diketahui mengandung peptida (terutama yang terdiri atas 5 asam amino-10 asam amino) dapat berperan sebagai penurun tekanan darah. peptida ini dihasilkan dari hasil penguraian protein menjadi peptida-peptida yang lebih pendek dan asam bebas oleh enzim protease.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar